Halaman

Kamis, 19 Juni 2014

Tips melaksanakan praktik mengajar PKM/PPL (pengalaman hari pertama mengajar)

Saya adalah mahasiswa Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar (IHDN Denpasar) Jurusan Pendidikan Agama Hindu Semester 7 Nama saya I Gede Suliartawan, Oke kawan-kawanku semua   kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalamanku saat pertama kali mengajar di sekolah saat melakukan PKM, ini sih memang kewajiban mahasiswa IHDN Denpasar kalo sudah semester 7, bahasa umumnya sih sering disebut PPL ( praktek pengalaman lapangan ) tapi kalau di IHDN Denpasar biasa di sebut PKM (Praktik Kemampuan Mengajar).
Praktik kemampuan mengajar  ini bisa dilakukan kalo sudah menempuh KKN pada semester 6 Karena pada waktu semester 6 saya lulus ketika KKN atau sering disebut kuliah kerja nyata, pada semester 7 inipun saya memiliki kewajiban untuk melakukan PKM. Sumpah deg degan banget awalnya ketika tau kalo kuliah Keguruan harus PKM di sekolah, bagaimana tidak ? kan awal kuliah saya hanya mengira bakalan KKN ( kuliah kerja nyata ) kepikiran tentang PKM, sayapun jadi gak tenang, ya jelas lah gak tenang, waktu saya SMA dulu saya paling suka ngejailin guru yang sedang melakukan praktik mengajar, tidak terbayangkan bagaimana jadinya kalau sampai saya dijaili oleh murid-murid saya nantinya. Mungkin harus enjoy aja kali ya, ketika itu hari demi hari pun berlalu kegugupan yang aku rasa perlahan memudar karena dosen_dosen sewaktu perkuliahan yang selalu memberi tugas untuk dipresentasikan di depan kelas.
Tiba pada tanggal 1 Agustus 2013 adalah hari pertama PKM di SMK Negeri 3 Singaraja , kedatangan pertama kami di sekolah tersebut disambut baik oleh bapak kepala sekolah dan guru guru, kami disetujui untuk PKM dan diberikan penugasan masing masing untuk masuk kelas .
aku sendiri diberikan tugas untuk mengajar 8 kelas yaitu 3 kelas III, 2 Kelas II  dan 3 kelas I. sesudah pembagian tugas sayapun pulang dengan rasa yang lumayan gugup karna harus menerima kenyataan untuk langsung melakukan PKM besok hari tanpa melakukan observasi atau mengajar terbingbing terlebih dahulu.
Setibanya di kos, akupun langsung buka internet,baju saja belum ku ganti. saking gugupnya pengen cari referensi bahan ajar besok saat masuk kelas , berhubung saya merupakan alumni SMK Negeri 3 singaraja  jadi saya tahu betul kebiasaan-kebiasaan siswa-siswi SMK Negeri 3 singaraja. saya tetapkan untuk membahas Materi etika berpakaian dan Berkendaraan dari sore sampe larut malam saya pelajari konsep-konsep hindu yang berkaitan dengan etika, bener bener mumet dan pusing . sampe mata ngantuk dan nyerah untuk ngelanjutin , saya pun tidur, pagi harinya jam 5 saya sudah bangun untuk mandi dan berangkat ke sekolah , jam 7 saya masuk kelas III dengan diantarkan oleh guru pamong ke dalam kelas , lalu beliau keluar dengan alasan akan menghadiri rapat.
Didalam hati dan pikiran sudah berkecamuk berpikir ( ya tuhan apakah bisa saya lalui ini ) .saat itu pertama tama saya mengucap salam dan memperkenalkan diri ( dgn gugup )
 walaupun gugup tetap bisa saya lewati , setelah saya memperkenalkan diri saya pun meminta para siswa untuk memperkenalkan dirinya masing masing melalui absensi harian .
keakraban antar siswa dan pengajar sangat dibutuhkan dalam system belajar mengajar, agar terjalin keakraban dengan siswa, maka ketika perkenalan ada sedikit humor-humor yang saya berikan agar perkenalan menjadi sedikit seru dan keakraban terjalin diatara kami (sambil mengulur-ngulur waktu
J).
sesudah semuanya memperkenalkan diri , sayapun menyampaikan sedikit perjuangan hidup saya sehingga saya bisa berdiri didepan mereka untuk memotivas mereka dan  menjelaskan kenapa saya ditugaskan di sekolah tersebut dan apa alasannya. siswa pun semuanya mengerti dan hanya diam mendengarkan ( terpaku ), lalu saya masuk ke materi saya , membahas tentang Etika  dengan perasaan yang gugup dan selu berusaha menjalin keakraban dengan menyelipkan beberapa humor siswapun mulai aktif bertanya ataupun memberikan komentar,. (brarti saya berhasil dong hari ini , yeyeyeyeyeeee) kata saya dalam hati.
Sesudah pelajaran saya keluar kelas dan menemui teman teman 1 kelompok PKM yang sedang ngumpul  , saya dan mereka bercerita pengalaman masing masing, dengan banyak suara cekikikan .Usailah tugas di hari pertama, saya dan teman teman bergegas pamit kepada guru guru untuk pulang. dihari kedua saya masuk kelas , saya merasa kegugupan saya mulai hilang walaupun masih ada sdikit sdikit. mungkin karna hari pertama kali  yah , makanya jadi gugup,
hari kedua dan seterusnya saya tidak terlalu gugup , malahan saya senang bisa masuk kelas untuk 4 bulan kedepan

itulah cerita saya dan saya ada sedikit tips untuk kalian yang mau PKM , berikut :
1. pelajari kebiasaan siswa ditempat anda melakukan PKM.
2. siapkan kata kata untuk perkenalan dengan detail. (Buatkan peta konsep)
3. pelajari materi sematang matangnya dengan mengikuti rpp dan sajikan semenarik mungkin. (selipkan beberapa Humor)
4. selalu berikan senyuman kepada siswa agar siswa semangat dan menjadi akrab dengan anda.
5. selipkan beberapa humor saat menyampaikan materi, ini yang menjadikan pelajaran jadi asik    dan mudah diserap, serta menjadikan siswa sangat antusias mendengarkan.
6. jangan terlalu sering memberikan tugas , perbanyaklah dalam hal menjelaskan materi, jika banyak tugas yang diberikan, siswa jadi tidak suka kepada anda, karna tidak suka kepada anda, akhirnya selama beberapa bulan ke depan anda PKM tidak akan menyenangkan.
7. Berikan teguran secara halus kepada siswa yang suka ribut dikelas , ( untuk minggu minggu pertama saja ) supaya siswa segan dan walaupun memang kurang bagus, tapi itulah saran dari beberapa guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar